Nama-nama Gunung di Nusa Tenggara Barat dan Timur




Nusa tenggara Barat dan Nusa Tunggara Timur merupakan dua provinsi di Indonesia bagian timur yang dikenal dengan keindahan alamnya. Perkembangan bisnis pariwisata berkembang pesat di kedua provinsi tersebut.

Lombok di Nusa Tenggara Barat menjadi favorit bagi para wisatawan Mancanegara untuk dikunjungi. Setiap tahun wisatawan mancanegara yang berkunjung mengalami peningkatan. Itu menandakan bahwa destinasi wisata pulau lombok bisa bersaing dengan Pulau Bali.

Beragam destinasi Wisata bisa dikunjungi di Pulau Lombok seperti, Wisata Laut, Gili Terawangan, Air Terjun dan Gunung Rinjani. Begitupula dengan Nusa Tenggara Timur terkenal dengan Pulau Komodo, Labuan Bajo dan masih banyak lagi destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi disana.


Fenomena terakhir yang banyak diminati kalangan muda adalah pendakian gunung. Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur memiliki beberapa gunung indah yang banyak diminati para pendaki. Tentunya setiap pendaki menginginkan menjelajahi gunung-gunung dikedua provinsi tersebut.

Berikut beberapa gunung yang harus dikunjungi oleh para pecinta ketinggian;

Gunung di Nusa Tenggara Barat
1. Gunung Rinjani
Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani Terletak di Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Timur. Tersedia 4 Jalur pendakian resmi Gunung Rinjani dan yang menjadi favorit pendakian via sembalun. Gunung rinjani memiliki keringgian 3.726 Mdpl. Selain itu, Gunung Rinjani merupakan salah satu Seven Summit Indonesia dan menjadi favorit para pendaki.

2. Gunung Tambora
Gunung Tambora memiliki sejarah tersendiri bagi warga Nusa Tenggara Barat. Gunung ini terakhir meletus tahun 1815 yang menelan korban mencapai 90.000 orang. Tambora merupakan salah satu gunung aktif yang berada di Pulau sumbawa tepatnya diantara Kabupaten Dompo dan Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Tinggi gunung Tambora 2.850 mdpl.

3. Gunung Sangeang
Gunung sangean terletak di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Gunung sangeang berada di wilayah kepulauan sunda kecil dengan ketinggian 1.949 mdpl.


Gunung di Nusa Tenggara Timur
1. Gunung Kelimutu
Gunung kalimutu merupakan pegunungan di Nusa Tenggara Timur yang banyak dimanati para wisatawan. Gunung ini memiliki danau tiga warna yang berada di tiga lokasi yang berbeda. Ketika pendaki mencari view yang pas maka akan menyaksikan pemandangan tiga danau sekaligus diatas gunung. Kelimutu berada di Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Gunung ini memiliki ketiggian 1.639 mdpl.
2. Gunung Rokatonde
Gunung rokatonde terbilang rendah di bandingkan gunung-gunung lainnya di Indonesia. Gunung ini berada di Wiayah pulau Palu’e di sebelah utara pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. 

Keindahan dan menantangnya pendakian gunung tidak diukur dari tingkat ketinggian sebuah gunung. demikian artikel singkat ini, semoga dapat membantu teman-teman dalam menentukan tujuan pendakian selanjutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Pendakian Gunung Penanggungan Mojokerto Via Jolotundo

Nama-nama Gunung di Papua Lengkap

Nama - nama Gunung di Jawa Lengkap Lokasi dan Ketinggiannya