Pendakian Gunung Semeru 3676 Mdpl




Semeru merupakan gunung tertinggi dijawa dan termasuk kedalam seven summit Indonesia (7 gunung tertinggi Indonesia) dengan ketinggian 3.676 Mdpl. Bagi para pendaki gunung semeru adalah satu dari beberapa gunung yang memberikan kesan terbaik ketika mendakinya. Paparan alam yang ada disana membuat setiap pandang mata tak ingin berkedip karena takut kehilangan moment terbaik disana.

Gunung semeru menjadi favorit para pendaki di seluruh Indonesia, berkat Film 5 Cm yang menceritakan perjalanan beberapa sahabat yang melakukan pendakian gunung semeru. Pasca release film tahun 2012 volume pengunjung Gunung semeru naik drastis. Ramainya pendakian gunung semeru membawa berkah sendiri bagi warga desa ranu pani secara ekonomi, tetapi berdampak buru pada ekosistem hutan bromo tengger semeru.

Jalur Favorit pendakian gunung semeru melalui desa ranu pani. Pendaki dari luar jawa timur biasanya memulai perjalanan dari Stasiun Kota Malang, bagi mereka yang datang menggunakan kereta api. Ada beberapa cara untuk mencapai ranu pani dari stasiun kota malang, pertama mencarter angkutan kota menuju tumpang, bekerjasama dengan penyedia jasa travel di kota malang dan cara yang terakhir mencari teman yang mau diajak mendaki di malang agar bisa nebeng motor. Hehe

Perjalanan dari stasiun kota malang ke tumpang ditempuh kurang lebih 2 jam jika menggunakan angkutan kota dan akan lebih singkat lagi jika menggunakan sepeda motor. Setelah mencapai tumpang biasanya para wisatawan yang akan mengunjungi bromo dan pendaki yang akan mengunjungi semeru menyewa jasa Jeep disana. Harga yang ditawarkan cukup bervariasi dari Rp. 800.000,00 – Rp. 1.400.000,00. Jadi teman – teman harus pandai melakukan negosiasi agar mendapatkan harga terbaik.

Perjelanan menuju ranupani dari tumpang di tempuh dengan jarak kurang lebih 4 jam perjalanan. Rute kendaraan yang dilalui bervariasi, terkadang naik, turun, tikungan tajam, tanjakan, turunan sambil nikung, tikungan ditanjakan, di tikung teman pas ditanjakan ya seperti itulah. Untuk teman-teman yang akan mengunjungi Semeru dan Bromo dengan menyetir sendiri kendaraanya, mohon di periksa terlebih dahulu kondisi kendaraan yang akan anda gunakan terutama Rem. Kesalahan sedikit yang dilakukan akan berisiko masuk jurang. Penulis tidak bermaksud menakut-nakuti teman-teman, tetapi harapan penulis teman-teman akan lebih berhati-hati dalam berkendaraan menuju semeru agar tujuan awal teman tercapai yaitu Mahameru (Puncak gunung semeru) dan pulang dengan keadaan selamat tanpa kurang satu apapun.

Sebelum teman-teman menuju semeru pastikan sudah mendaftar pendakian via online terlebih dahulu, minimal tiga hari sebelum pendakian agar tidak terbengkalai di ranupani karena proses perijinan. Suket dari dokter yang diterima saat menyetor data di tempat pendaftaran yaitu 1 hari sebelum melakukan pendakian, jika teman-teman membuat Suket dari dokter lebih dua hari akan ditolak dan membuat suket yang baru. Tapi teman-teman diperlu khawatir harus kembali ke Puskesmas terdekat karena di area bascamp ranu pani ada petugas kesehatan yang bisa mengeluarkan suket dokter.

Selain itu juga calon pendaki harus memperhatikan logistik dan seluruh alat serta kebutuhan selama kan melakukan pendakian. Kotak P3K, Alat masak, tenda, kompor, SB, Jaket, air minum dan makanan-makanan yang sekiranya bisa memenuhi kebutuhan selama pendakian. Mempersiapkan logistik harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman agar beban kerir kita berisi semua yang dibutuhkan, serta hindari membawa barang-barang yang tidak penting seperti laptop, bantal, pacar pemalas dan teman pacar karena itu akan menjadi beban punggung sekaligus beban pikiran untuk anda.

Normalnya pendakian gunung semeru dilakukan selama 3 hari 2 malam. Jika seandainya kalian mempunyai waktu lebih itu lebih baik, agar perjalanan tidak tergesa-gesa serta bisa menikmati perjalanan selama pendakian yang menyajikan ciptaan keagungan tuha.

Setelah semua urusan administrasi dilakukan semua calon pendaki dikumpulkan untuk menerima arahan, penyampaian aturan selama pendakian oleh petugas konservasi hutan. Himbauan saya kepada para calon pendaki untuk menjalankan semua aturan yang disampaikan jika untuk kebaikan kita bersama, serta menghargai kearifan lokal disana terutama yang berkaitan dengan kepercayaan masyarakat suku tengger. Jika braving sudah selesai maka sudah diperbolehkan melalui pendakian. Untuk setiap pendaki di himbau untuk melakukan do’a menurut keyakinan dan kepercayaan masing-masing agar dilindungi selama perjalanan dan bisa pulang kembali kerumah masing-masing dalam keadaan selamat tanpa kurang satu apapun.

Basecamp pendakian berada di desa ranupani dan perjalanan menuju pos 1 (landengan dowo) sejauh 3 km estismasi waktu sekitar 1,5 jam dengan berjalan santai. Kultur pendakian masih didominasi tanah lot dengan trek yang masih ringan dan cenderung landai.

Pendakian dari landengan dowo ke watu rejeng berjarak sekitar 3 km dengan estimasi waktu perjalanan 1,5 jam. Jarak dan waktunya tidak jauh berbeda dari basecamp ke pos  1. Jalur pendakian sudah mulai penuh warna, tanjakan dan turunan sudah mulai mempersilahkan dirinya untuk dijajaki oleh para pendaki.

Watu rejeng menuju Ranu Kumbolo berjarang 4,5 Km dan estimasi waktu yang dibutuhkan 2 jam. Dari sinilah lah adrinalin pendaki dipacu untuk melawan rasa malas, dan kembali memotivasi diri agar tetap semangat. Biasanya para pendaki akan lebih semangat karena tidak sapar ingin menikmati indahnya danau ranu kumbolo yang terkenal itu.


Ranu kumbolo menuju Oro-oro ombo berjarak kurang lebih 1 Km dan estimasi waktu 30 menit perjalanan. Pendakian dari ranu kumbolo menuju oro-oro ombo melalui tanjakan cinta yang fenemonal. Secara sepintas mungkin akan merasa mudah melewati tanjakan cinta akan tetapi membutuhkan tenaga ekstra untuk melewatinya. Setelah melewati tanjakan cinta majulah beberapa langkah ke depan jika anda beruntung akan menyaksikan lautan hijau padang savana yang luas dan tumbuhanya didominasi oleh edelweis yang menggoda itu. jika anda kurang beruntung hanya akan mendapati batang-batang pohon yang sudah menguning tanpa khiasan bunga segar disekelilingnya.

Oro-oro Ombo menuju cemoro kandang berjarak 1,5 Km dengan estimasi waktu 30 menit perjalanan. Trek pendakian didominasi tanah berdebu, disarankan kepada para pendaki untuk memakai masker atau buff saat mendaki gunung semeru ketika kemarau. Pemandangan disekeliling dipenuhi pohon bunga edelweis yang setinggi tubuh kita bahkan lebih.

Cemoro kandang menuju Jambangan bisa ditempuh selama 30 menit dengan jarak pendakian sekitar 3 km. Selama melwati cemoro kandang kita kan disajikan pemandangan hutan pinus yang didomasi oleh pohon cemara dengan ukuran yang besar dan ketinggian mencapai puluhan meter. Berhati-hatilah melewati sekitaran pohon cemara karena banyak pohon roboh dirute pendakian.

Jambangan menuju kalimati berjarak sekitar 2 km dengan estimasi waktu perjalanan 30 menit. Setibanya di kalimati biasanya para pendaki membangun tenda, memasak, dan mengecek persediaan air. Jika air dirasa tidak mencukupi untuk segera mengambil persediaan air di sumber manik yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 20 menit.


Kalimati menuju Arcopodo berjarak 1,3 Km dengan durasi pendakian sekitar 2,5 jam. Pendakian menuju puncak semeru biasanya dilakukan pendaki pada saat dinihari agar tiba tepat dipuncak semeru dipagi hari. Perjalanan menuju arcopodo akan terasa berat karena trek yang terus menanjak dan persediaan udara yang semakin sedikit. Cuaca akan terasa sangat dingin, jadi persiapkan jaket tebal terbaik kalian, kaos tangan, kupluk dan perlengkapan lainnya agar terhindar dari serangan hipotermia. Banyak pendaki yang menyerah dititik ini untuk melanjutkan pendakian dipuncak dikarenakan kondisi fisik yang melemah dan mental yang down.

Arcopodo menuju puncak Mahameru berjarak 1,5 Km dengan tingkat kemiringan yang cukup miring membutuhkan estimasi waktu sekitar 3-5 jam bahkan lebih tergantung dari stamina teman-teman. Jalur pendakian didominasi pasir, batu kerikil kecil dan bebatuan sehingga mempersulit langkah para pendaki, ditambah lagi udara semakin dingin dan asupan oksigen yang terbatas. Pendakian menuju puncak Mahameru sudah tidak mendapat asuransi lagi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama pendakian, seperti patah bahkan meninggal dunia.




Puncak dari setiap gunung yang kita daki adalah bonus dari apa yang kita lakukan, tetapi yang terpenting bagi semuanya kita bisa kembali kerumah dengan selamat dan bertemu dengan keluarga. Jangan paksakan untuk melanjutkan pendakian ke puncak jika sudah muncul keraguan dalam hati kalian, apalagi dengan kondisi yang lemah tidak direkomendasikan melanjutkan perjalanan.
Bagi mereka yang beruntung mencapai puncak akan mendapatkan pemandangan yang luar biasa. Saya tidak ingin menjelaskan secara detail agar teman-teman penasaran dan ingin mendaki puncak ke gunung semeru untuk menikmati indahnya alam ciptaan tuhan.


Demikianlah uraian singkat penulis tentang salah satu gunung favorit bagi para pendaki di Indonesia. Jika anda mendaki hormatilah pendaki lainnya, jangan sampai keberadaan kita mengusik ketengan pendaki lainnya. Bawalah sampah anda turun demi menjaka kelestarian ekosistem alam Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

Pendakian Gunung Penanggungan Mojokerto Via Jolotundo

Nama-nama Gunung di Papua Lengkap

Nama - nama Gunung di Jawa Lengkap Lokasi dan Ketinggiannya