5 Jalur Pendakian Gunung Rinjani



Gunung rinjani merupakan salah satu seven summit indonesia yang berada di wilayah provinsi nusa tenggara barat dengan ketinggian 3.726 mdpl. Gunung rinjani terletak di pulau lombok dan berada diantara tiga kabupaten yakni, Lombok Timur, Lombok Barat dan lombok tengah. Gunung rinjani menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang dikunjungi turis lokal maupun turis mancanegara yang datang ke Nusa Tenggara Barat.

Daya tarik gunung rinjani yang menarik pada para wisatawan, karena spot-spot foto yang indah selama perjalanan dan menyajikan destinasi lain seperti danau sagara anak. Pendakian gunung rinjani tergolong aman, meskipun demikian ada beberapa titik yang membutuhkan stamina ekstra dan mental yang kuat untuk melaluinya.

Saran untuk para pendaki yang ingin mendaki puncak rinjani agar mencari informasi terlebih dahulu mengenai Gunung rinjani. Sebelum memutuskan untuk memulai pendakian untuk mempersiapkan fisik, mental dan materi karena ketiga hal tersebut akan terkuras selama pendakian.

Persiapan fisik dibutuhkan agar stamina tetap terus terjaga selama pendakian dan bisa mencapai puncak rinjani. Jika kondisi fisik tidak persiapkan dengan baik, bisa jadi pendakian kita akan terhenti karena stamina sudah tidak memungkinkan untuk melanjutkan pendakian dan membutuhkan waktu serta materi lagi untuk mengulangi pendakian terutama bagi pendaki yang berasal dari luar NTB.

Meskipun demekian selama pendakian harus tetap mengutamakan keamanan serta keselamatan agar bisa kembali kerumah dalam keadaan tanpa kurang satu apapun. Puncak adalah bonus dari setiap pendakian, puncak sesungguhnya jika kita bisa kembali kerumah dengan selamat dan disambut dengan senyum gembira oleh keluarga. Pendakian normal gunung semeru dilakukan selama 5 hari 4 malam, agar bisa menikmati setiap alur pendakian.

Pendakian gunung rinjani bisa diakses melalui 5 jalur, 4 jalur resmi dan 1 khusus dengan kemudahan dan kesulitan masing-masing. Berikut tiga jalur pendakian di gunung rinjani.

Pendakian Gunung Rinjani Via Torean
Pendakian gunung rinjani via torean merupakan jalur yang sebaiknya dihindari oleh para calon pendaki. Jalur ini umumnya digunakan oleh masyarakat lokal yang sudah memahami secara betul kondisi trek dijalur Torean. Jalur ini tidak resmi, sehingga pendaki yang memaksakan diri untuk mendaki melalui jalur ini harus menyewa jasa guide dan mendapatkan ijin khusus dan apabila mendaki secara ilegal dari jalur ini akan dikenakan sangsi oleh pihak pengelola.

Jalur torean biasa digunakan oleh penganut agama hindu disekitar gunung rinjani untuk melakukan persembahan di danau sagara anak. Selain itu pendakian di trek ini dibatasi untuk dilalui pendaki agar ekosistem alam terjaga dengan baik.

Pemandangan atau destinasi lain yang bisa ditemui dajalur ini, berupa pemandian air panas, air terjun yang bersumber dari sumber air panas dengan pemandangan yang sangat eksotik dan padang savana yang luas.

Setelah melewati pemandian air panas dan air terjun, pendaki akan keluar dari vegatasi hutan yang rapat dan memasuki padang savana yang berkelok-kelok. Kemudian akan mendapati jalur yang mengharuskan pendaki menyebrangi sungai kecil, jalur pendakian tidak akan nampak lagi serta tidak ada petunjuk arah.

Pendakian Gunung Rinjani Jalur Senaru
Pendakian Gunung Rinjani via Senaru dibatasi 150 Orang per hari. Para pendaki biasanya melakukan pendakian via senaru dan turun via sembalun. Jalur senaru adalah jalur resmi yang terbuka untuk umum.

Jalur pendakian dari Basecamp menuju pos 1 mudah dilalui oleh pendaki karena di dominasi trek landai dan sedikit tanjakan. Pendaki yang telah melewati pos 1 selanjutnya disarankan untuk bermalam di pos 2 untuk menghemat tenaga. Karena pendakian dari pos 1 ke pos 2 didominasi tanjakan yang otomatis menguras stamina para pendaki.

Perjalanan dari pos 3 menuju pelawangan menjadi tantangan yang cukup menguji adrinalin pendaki karena tanjakan terbuka menjadi trek pendakian yang harus ditaklukan. Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mencapai pelawangan dari pos 2 sekitar 2 jam perjalanan.

Pertunjukan alam yang didapat pendaki ketika sampai pada pelawangan sembalun yaitu kaldera gunung yang tampak gagah berdiri kokoh dibawah langit yang perkasa.

Jika dilanjutkan perjalanan diatas trek berbatu maka pendaki akan mencapai danau sagara anakan untuk beristirahat, melepas penat, memasak, dan melupakan mantan. Setelah puas beristirahat pendaki bisa langsung menuju pelawangan sembalun untuk menuju puncak Gunung Rinjani yang melegenda itu. Estimasi yang dibutuhkan ntuk mencapai puncak dari pelawangan sembalun sekitar 3 jam.

Pendakian Gunung Rinjani Jalur Sembalun
Pendakian gunung rinjani via sembalun juga merupakan jalur resmi yang dibuka untuk pendaki. Perjalanan dari basecamp menuju pos 1 bisa ditempuh selama 2 jam karena didmonasi trek landai.

Pos 1 menuju pos 2 bisa ditempuh selama 1 jam dengan vegetasi padang savana.

Pos 2 menuju pos 3 bisa ditempuh selama 2 jam dengan vegetasi padang savana, akan tetapi jalur semakin menanjak dan membutuhkan tenaga ekstra.

Pos 3 menuju Pelawangan sembalun memerlukan waktu 5 jam pendakian. Pada titik inilah pendaki membutuhkan kesabaran ekstra, mental yang tangguh karena melalui tanjakan panjang yag dikenal dengan bukit penyesalan. Pada tahap ini pendaki sering mengalami serangan mental akibat trek yang tidak bersahabat dan menukik tajam.

Setelah mencapai pelawangan panjang trek menuju puncak sekitar 1 km lagi, tetapi dengan trek yang menantang dan kembali membutuhkan kesabaran.

Perlu diketahui oleh para pendaki, bahwa jalur sembalun ditutup setiap hari jum’at pagi atas permintaan masyarakat setempat.

Pendakian Gunung Rinjani jalur Timbanuh
Pendakian Gunung rinjani via timbaluh desa tembaluh kecamatan Pringgasela kabupaten lombok timur. jalur pendakian ini tergolong baru dan kalah terkenal dari sembalun dan senaru. Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mencapai pelawangan dari Timbanuh sekitar 7 jam perjalanan.

Pendakian via timbaluh masih terus melakukan perkembangan untuk menyediakan fasilitas-fasilitas umum sepanjang jalur pendakian seperti pos-pos. Mendaki via jalur ini akan melalui hutan lebat, meyebrangi sungai dan juga padang savana yang penuh bunga edelweis.

Pendakian Gunung Rinjani Jalur Berik
Pendakian gunung rinjani jalur berik, dimulai didesa Aik berik, kecamatan batuk liang utara lombok tengah. Pendakian melalui jalur ini akan disajikan penandangan yang luas biasa indah dan menggoda.

Semoga tulisan ini sedikit membantu para calon pendaki yang hendak mendaki gunung Rinjani di Lombok NTB, dari mana saja pendakian dimulai terlebih dahulu harus mempersiapkan kebutuhan selama pendakian dengan seksama, baik logistik, peralatan dan stamina. Selain itu sebelum kaki melangkah hendaklah berdo’a terlebih dahulu berdasarkan keyakinan dan keprcayaan masing-masing. Selama proses pendakian simpanlah sampah anda didalam kantok plastik agar mudah untuk dibawa turun. Cintailah bumi kita dengan mengurangi penggunaan kantong plastik.

Comments

Popular posts from this blog

Pendakian Gunung Penanggungan Mojokerto Via Jolotundo

Nama-nama Gunung di Papua Lengkap

Nama - nama Gunung di Jawa Lengkap Lokasi dan Ketinggiannya