Nama-nama Gunung di Papua Lengkap


Papua adalah provinsi terluas Indonesia yang mendapati julukan surga kecil di bumi. Hamparan alam yang membentang dibumi papua menjadi daya tarik para wisatawan yang datang dari mancanegara maupun wisatawan lokal.

Hutan papua menyimpan jutaan keindahan mulai dari flora dan fauna. Terdapat puluhan hingga ratusan hewan indemik papua disana. Bentangan pesisir pantainya menyajikan keindahan bawah laut dengan tembing terjal disekitar menunjukkan eksotisme papua. 

Destinasi wisata yang banyak diminati wisatawan diantaranya, 
  • Raja ampat (Papua bagian barat) termasuk kedalam 10 perairan terbaik menyelam dunia
  • Taman nasional Lorenz (salah satu situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1999.
  • Danau Sentani merupakan danau terluas di papua yang terletak di lereng pegunungan Cagar Alam      Cyplos.
  • Teluk Triton mendapat julukan The fish Empire atau Kota Senja atau The Lost Paradise dan terkenal karena keindahan surga bawah lautnya.
  • Danau Paniai terletak di Kabupaten Paniai yang berada di wilayah dengan ketinggian 1.700 mdpl
  • Taman nasional Teluk Cendrawasih memilki berbagai jenis flora dan fauna yang dilindungi.
  • Lembah baliem berada di pegunangan jayawijaya dengan ketinggian 1.600 mdpl.

Papua juga menyimpan kekayaan alam berupa tambang emas terbesar di dunia yang telah digali sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu.


Selain keindahan bawah lautnya, papua juga memiliki gunung yang menarik untuk dikunjungi. 5 gunung tertinggi di Indonesia berada di Papua.

Berikut nama-nama gunung di Papua beserta ketinggiannya.

1. Puncak Jayawijaya
Puncak Jaya atau disebut juga Puncak Cartenz berada di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. Gunung ini masuk kedalam seven summit dunia dan seven summit tertinggi Indonesia. Cartenz memiliki salju abadi. Ketinggian puncak cartenz 4.884 mdpl.

2. Puncak Mandala
Puncak Mandala merupakan gunung tertinggi kedua di indonesia dan ketinggia kedua di Provinsi Papua. Gunung ini berada di wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang dengan ketinggian 4.760 mdpl.

3. Puncak Trikora 
Puncak Trikora merupakan gunung tertinggi ke tiga di Indonesia dan masuk kedalam 5 besar tertinggi di papua. Gunung ini terletak di kabupaten Jayawijaya dengan ketinggian 4.751 mdpl.

4. Gunung Valentin 
Gunung Valentin merupakan sebuah gunung tertinggi ke 4 Indonesia yang berlokasi di Kabupaten Yahukimo, Papua. Gunung ini memiliki ketinggian  4.453 mdpl.

5. Pegunungan Hens
Pegunungan Hens merupakan salah satu gunung tertinggi di papua dan menempati urutan ke 5 gunung tertinggi di Indonesia. Pegunungan Hens berada di Kabupaten Puncak, Papua dengan ketinggian 4.061 mdpl.


6. Gunung Antares 
Gunung Antares berada di wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua dengan ketinggian 3.970 mdpl.

7. Gunung Angemuk
Gunung Angemuk berada di wilayah administratif Kabupaten Tolikara, Papua dengan ketinggian 3.949 mdpl.

8. Gunung Papua Peak
Papua Peak berada di Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua dengan ketinggian 3.970 mdpl.

9. X Chain
X Chain merupakan gunung yang berada di Fawi Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua dengan ketinggian 3.801 mdpl.

10. Jumbul Ambera
Jumbul Ambera berada di Bugi, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua dengan ketinggian 3.785 mdpl.


Selain nama-nama gunung diatas, masih terdapat beberapa gunung lagi yang menyimpan keindahan alam di Bumi Cendrawasih. Kepada calon pendaki hendaklah mempersiapkan diri terlebih dahulu dengan mengumpulkan informasi tentang gunung yang akan di daki. Biaya pendakian Puncak Cartenz di papua mencapai 50 – 60 juta rupiah.

Himbauan kepada para pendaki untuk menghormati adat istiadat warga sekitar gunung yang hendak didaki serta menjaga kelestarian alam dengan tidak membuang sampah sembarangan. Bawalah sampah anda turun demi kelestarian vegetasi alam pegunungan Indonesia. 

Comments

Popular posts from this blog

Pendakian Gunung Penanggungan Mojokerto Via Jolotundo

Nama - nama Gunung di Jawa Lengkap Lokasi dan Ketinggiannya